Penemuan Muslim Yang Mengubah dunia

Sunday, November 23, 20141comments

Di era modern ini, kita banyak sekali menikmati kemudahan karena di dukung oleh sains dan teknologi, namun tahukah Anda bahwa sebagian teknologi yang kita nikmat saat iniBapak Sains” seperti “Bapak Mesin”, “Bapak Kimia”, “Bapak Kedokteran”, dan lain sebaigainya dan hebatnya lagi para ilmuan ini menguasai berbagai disiplin ilmu atau lebih dikenal sebagai polymath.
Penemuan Muslim Yang Mengubah dunia
Belajar  Sendiri

Dan Tahukah Anda bahwa semua itu mereka dapatkan dengan penelitian sendiri, bukan seperti kita saat ini yang mendapatkan pengetahuan dengan belajar ke sekolah sampai ke Universitas.. Bahkan Ibnu Sina si “bapak kedokteran” hanya mempunyai guru dibidang agama dan filsafat. Sisanya ia pelajari secara otodidak  saat ia mendapat kesempatan mengakses perpustakaan khalifah, dia berhasil melahap seluruh buku perpustakaan saat masih usia belasan tahun. Nggak kebayang kan… bagaimana orang seperti ini ada dizaman sekarang.

Belajar  Sendiri

Dan Tahukah Anda bahwa semua itu mereka dapatkan dengan penelitian sendiri, bukan seperti kita saat ini yang mendapatkan pengetahuan dengan belajar ke sekolah sampai ke Universitas.. Bahkan Ibnu Sina si “bapak kedokteran” hanya mempunyai guru dibidang agama dan filsafat. Sisanya ia pelajari secara otodidak  saat ia mendapat kesempatan mengakses perpustakaan khalifah, dia berhasil melahap seluruh buku perpustakaan saat masih usia belasan tahun. Nggak kebayang kan… bagaimana orang seperti ini ada dizaman sekarang.
Temuan Muslim yang mengubah Dunia
Berikut ini beberapa temuan muslim yang berhasil mengubah dunia..
·                Aljabar, Numerologi, Algoritma
Bisa dibayangkan jika saat ini tidak ada angka “0” maka tentu kita belum akan semaju ini. Ialah ilmuan muslim yang bernama Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi yang berhasil menemukan prinsip-prinsip dasar ilmu matematika, aljabar. Kitab fenomelnya tersebut bernama Al-Mukhtasar fi al-Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah yang berarti penalaran dan pertimbangan pada tahun 825 Masehi.
·                Kimia
Sebelum ilmu kimia dipopulerkan, berbagai fenomena yang terjadi kerap kali dianggap mistis, namun hal itu semua musnah pasca munculnya Jabir Ibn Hayyan al-Kufi As-Sufi, karena beliau berhasil mengungkap fenomana tersebut dengan metode sains. Jabir Ibn Hayyan juga berhasil mendemonstrasikan berbagai cara untuk kaca, dan bahan kimia dengan detil dan karena sumbangsinya ia dijuluki “Bapak Kimia” bahkan katan kimia berasal dari salah satu nama kitabnya yaitu al-kem. salah satu karyanya yang diterjemahkan adalah Book of the Compositoin of Alchemy
·                Prinsip penerbangan
Sebelum Wrigh bersaudara berhasil membuat pesawat terbang, berabad-abad sebelumnya Abbas Ibn Firnas telah menetapkan prinsip penerbangan. Bahkan pada tahun 875 M di usia 70 tahuan Ibnu Firnas berhasil terbang  melintasi selat Giblatar dengan menggunakan rancangannya yang berbentuk burung ini.
Karyanya inipun menjadi Inspirasi bagi seniman ternama asal Italia Leonardo da Vinci. Dan untuk mengenang jasanya, namanya disematkan pada Bandara Internasional Baghdad dan sebuah kawah dibulan.
·                Operasi bedah
Jika anda sering melihat orang patah tulang menggunakan gips, maka itu adalah salah satu temuan al-Zahrawi. Dan Tahukah Anda, hampir sebagian besar alat operasi saat ini merupakan hasil rancangannya. Seperti pisau bedah, gergaji tulang, alat bedah mata dan lainnya. Bahkan al-Zahrawi berhasil melakukan oprasi katarak serta Caesar.
·                Universitas
Ditahun 859 Fatimah al Fihri mendirikan sebuah Masjid di Fez, Maroko. Dan seiring perkembangan waktu, Masjid ini kemudian menarik para pencari ilmu sehingga berubah menJadi Universitas Al-Qarawiyyin. Dan diakui sebagai Univertas pertama di dunia.
·                Optik
Jauh sebelum Islam datang, tepatnya dimulai pada era Yunanai kuno Euchid dan Ptolemy’s mengatakan bahwa cahaya itu dipancarkan oleh mata itu sendiri. Namun, Ibn al-Haitam berhasil menepis teori itudengan mengatakan bahwa manusia melihat sesuatu oleh cahaya terpantul dari benda-benda dan memasuki mata.
Bahkan Al-Haitham yang juga seorang fisikawan ini berhasil menemukan fesnomena kamera Obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar tegak karena sambungan saraf optik dan otak. Dan Tahukah anda cikal bakal kamera merupakan hasil temuannya
·                Mesin
Dialah “bapak mesin Moderen” Al-Jazari yang memiliki nama lengkap Badi al-Zaman Abullez Ibn Alrazz al-jazari yang memperkenalkan rancangan mesin. Rancangan yang terkenal adalah jam gajah yang bekerja dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis, yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau.
Bahkan poros engkol dan kunci kombinasi berhasil ia presentaskan dalam bukunya sehingga menjadikan karya al-Jazari menjadi popular. Temuannya ini diaplikasikan pada irigasi untuk mengangkat air.
·                Sikat Gigi
Tahukah Anda bahwa sikat gigi pertama kali di populerkan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 600 M. Beliau menggunakan ranting pohon miswak untuk membersihkan gigi dan menyegarkan nafas. Walaupun demikian, bentuk sikat gigi  saat ini kita pakai belum diketahui siapa penemunya.
·                Peta
Ratusan tahun sebelum adanya teknologi satelit yang bisa memotret topologi bumi, dan bisa menghasilkan pata yang sangat detil. Ilmuan muslim bernama Piri rais atau lengkapnya Haci Ahmed Muhiddin Piri (1465-1554) telah berhasil membuat peta yang sangat detil. Bahkan peta yang memiliki ukuran 90 cm x 65 cm ini jika dibandingkan dengan hasil pemotretan satelit hampir sama.

Piri Rais memang dikenal sebagai seorang geograf dan kartograf yang terkenal dengan peta-petanya dalam kitab al-Bahri (buku Navigasi). Dan peta dunianya yang diselesaikan pada tahun 1531 M dan ditemukan di Istinana Topkapi di Istanbul pada tahun 1929 M.
Share this article :

+ comments + 1 comments

December 28, 2017 at 1:12 PM

hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tahukah Anda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger