Mengapa bunga matahari selalu menghadap matahari

Thursday, October 9, 20141comments

Mengapa bunga matahari selalu menghadap matahari
Bunga matahari yang bahasa latinnya disebut helianthus annuus merupakan bunga yang dianggap memiliki nilai ekonomis, nilai ekonomis ini terdapat pada bijinya yang dapat digunakan untuk menghasilkan minyak bunga matahari yang biasa digunakan untuk campuran masakan pada saus, margarine dan beberapa kue. Minyak bunga matahari memiliki nilai gizi yang tinggi serta kualitas yang baik sehingga sangat cocok digunakan pada campuran masakan. Selain itu pula, biji matahari dapat langsung diolah menjadi cemilan biji bunga matahari yang memiliki rasa yang gurih dan enak, cemilan biji bunga matahari ini sering kita temukan di kios-kios atau toko-toko.

Namun tahukah anda, bahwa ada fakta unik dan menarik dari si Bunga berwarna kuning ini, yaitu selalu mengikuti arah matahari atau dalam bahasa ilmiahnya disebut heliotropis, keunikan bunga matahari ini disebabkan oleh suatu zat yang terdapat pada bunga matahari yang disebut Auxin . dan Tahukah ANDA bahwa auxin merupakan hormon yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan tanaman. Dan pada umumnya, jumlah auxin banyak terdapat pada sisi tumbuhan yang jauh dari sinar matahari . dan oleh karena itu, batang bunga matahari selalu tumbuh kearah sinar matahari . namun sifat  heliontropis tidak bberlaku pada bunga matahari yang telah mekar penuh, hal ini dikarenakan kandungan auxine pada bunga mekar semakin berkurang. Walaupun demimian, bunga matahari tersebut akan selalu menghadap kearah timur. (baca juga mengapa buah pisang selalu melengkung dan menghadap matahari)


Melihat fenomena tersebut kita harus memahami bahwa  matahari selalu menjadi daya tarik bagi mahluk hidup, hal ini dikarenkan, matahari ibarat sebuah energi raksasa yang menjadi selalu mentransfer energinya kesegap mahluk hidup .. Subhanallah….
Share this article :

+ comments + 1 comments

December 29, 2017 at 1:06 PM

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tahukah Anda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger