9 Pedang Rasulullah SAW

Monday, August 11, 20141comments

Rasulullah SAW selain seorang kepala negara Islam juga sebagai penglima jihad, dan tentunya memiliki pedang, namun tahukah anda pedang apa saja yang pernah dimilki oleh Rasulullah
1.       Al-Matsur
Al-Matsur juga dikenal sebagai Matsur al-Fajar adalah pedang yang dimiliki oleh rasulullah sebelum beliau menerima wahyu pertama di mekah. Pedang ini awalnya milik Ayah Beliau yaitu Abdullah, kemudian saat hijrah Rasulullah membawa pedang ini ke Madinah . dan kemudian diserahkan kepada sahabatnya Ali bin Abi Thalib.
Gagang pedang ini berbentuk seperti ular terbuat dari emas dihiasi batu emerald dan batu pirus atau batu berwarna biru. Dekat dengan gagang terukur kalimat Abdullah bin Abdul al-Mutallib.

sumber :hidayatullah.com


2.         Dzulfikar
Pedang Dzulfikar atau Dzu al-Faqar merupakan ghanimah dari perang Badar. Pedang ini memiliki banyak versi seperti yang digunakan Ali bin Abi Thalib saat perang uhud, pedang ini bercabang dua.

peutrang.blogspot.com/

3.      Al-Battar
Beberapa versi menyebutkan bahwa pedang ini didapatkan oleh Nabi Daud saat mengalahkan Jalut. Pedang al-Battar sering dinamakan perang para Nabi karena pada pedang ini terpahat nama Nabi Daud . As, Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, Nabi Isa dan Nabi Muhammad. Panjang pedang ini 102 cm.


4.         Haft
Pedang Haft memiliki kemiripan dengan pedang al-Battar, hanya saja memiliki ukuran yang lebih panjang 10 cm dari pedang al-Battar. Menurut sejarah, pedang ini dibuat oleh Nabi Daud, As. Setelah beliau meninggal, pedang ini dirawat oleh suku Levitar dan akhirnya sampai ke tangan Rasulullah SAW pada saat penaklukan Bani Qaynuqa  sebagai harta rampasan perang.

habatussaudamadinah.blogspot.com

5.         Qul’i
Seperti halnya pedang Haft, pedang ini juga didapatkan dari rampasan perang atas Bani Qaynuqa. Pedang Qul’i atau Qula’ay yang berarti tin atau timah putih berukuran 100 cm.



6.         Al-Qadib
Karena bentuknya yang meyerupai batang tipis dan ringan, pedang ini tidak pernah digunakan untuk perang oleh Rasulullah.  Pedang yang sisinya berwarna silver dan bertuliskan kalimat syahadat ini hanya digunakan untuk pertahanan dan persahabatan ketika bepergian.

 Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

7.         Al-Mikhdam
Pedang yang hanya memiliki ukuran 97 cm ini terpahat nama Zayn al-Din al-Abidin. Pedang al-Mikhdam diberikan oleh Rasulullah kepada sahabatnya Ali bin Abi Thalib, kemudian oleh Ali diberikan kepada anaknya Zainal Abidin.



8.         Al-‘Adhab
Pedang al-‘Adhab awalnya milik sababat Nabi. Dan pedang ini diberikan kepada Rasulullah sebelum perang Badar.



9.         Ar-Rasub

Dengan panjang sekitar 140 cm menjadi pedang Ar-Rasub sebagai salah satu pedang terpanjang. Pedang ini sendiri mepunyai bulatan emas yang bertuliskan Ja’far al-Shadiq.



porseni20purbalingga.blogspot.com/

Share this article :

+ comments + 1 comments

December 30, 2017 at 12:31 PM


ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
di f@ns*p0ker || add pin bb 55F97BD0

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tahukah Anda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger