Muslimah penemu Universtias pertama kali

Thursday, November 20, 20141comments

Universitas Al-Qarawiyyin
Tahukah ANDA -Pojok Islam.  Bagi anda yang sedang atau pernah kuliah di Universitas tentunya atmosfir keilmuan begitu terasa disbanding ketika anda berada di sekolah. Namun Tahukah anda awal mula universitas itu berada. ????berikut ini tim tahukah ANDA akan menyajikan fakta unik mengenai seorang Muslimah yang berhasil menggagas/menemukan universitas pertama kali didunia.

Muslimah penemu Universitas pertama kali di dunia ini alah Fatima al-Fihri, awal mulanya muslimah ini menggagas pembuatan masjid bersama saudara perempuannya. Namun seiring berjalannya waktu, masjid yang didirikan pada tahun 859 M di Maroko ini kemudian menjadi pusat berkembangnya kajian-kajian ilmu di Maroko, sehingga mengundang ketertarikan para penuntut ilmu untuk datang mengunjungi majelis-majelis ilmu di Masjid yang di beri nama Al-Qarawiyyin.

Penyematan Universitas Al-Qarawiyyin sebagai Universitas tertua didunia disahkan oleh Guiness Book of Word Records pada tahun 1998, dan sebelumnya  pada tahun 1957 universitas yang terkenal dengan ilmu alamnya ini dilengkapi dengan ilmu matematika, fisika, kimia dan bahasa asing.

Bahkan ilmuan sekaligus penjelajah terkemuka Ibnu Khaldun menghadiahkan sebuah buku yang berjudul Tarikh Ibn Khaldun al-Musamma kitab al-‘ibar wa-diwan al-mubtada wa al-khabar fi ayyam man al-“Arab waman ‘atsrahum min dhawi as-sultan al-akbar pada tahun 1369 M.

Tahukah ANDA bahwa Universitas terdua didunia ini  memiliki bebapa manuskrip penting dari berbagai disiplin ilmu yang tersimpan dalam perpustakaan yang didikan oleh Sultan Abu-Annan (dinasti Marinid). Salah satunya adalah Sirat Ibnu Ishaq, yang ditulis tahun 883. Selain itu juga terdapat salah satu fenommenal  kitab al-Muwattha yang dikarang oleh salah satu Imam Mazhab yaitu Imam Malik, yang di tulis pada tahun 795 M.

Begitulah sedikit gambaran bagaimana ketika Islam berkuasa memimpin peradaban  dunia, lebih dari 2/3 belahan bumi berada dalam naungganya dalan kesejahterahan dan keberkahan. Bahkan kaum perempun memiliki andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Semoga kekuasan Islam akan kembali hadir untuk yang kedua kalinya sesuai yang dijanjikan oleh Allah dan Rasulnya..


Share this article :

+ comments + 1 comments

December 28, 2017 at 1:25 PM

hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tahukah Anda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger